10 Orang Kaya dan Terkenal di Dunia yang Pada Akhirnya Menjadi Bangkrut

Image result for mc hammer 2015Bagi mereka yang hidup serba kecukupan atau bergelimang harta, bangkrut adalah sebuah ancaman di tengah-tengah kesuksesan.

Banyak sebab mengapa seseorang bisa mengalami kebangkrutan. Bila orang tersebut seorang pengusaha, faktor utama yang perlu diwaspadai adalah utang perusahaan.

Bila orang tersebut seorang musikus atau atlet terkenal, biasanya mereka terbius dengan popularitas hingga dibutakan oleh kemewahan yang melimpah. Sampai akhirnya bisa terjerumus pada penyalahgunaan obat terlarang yang menguras semua harta benda.


Apakah setelah itu mereka bisa bangkit dari keterpurukan? Ya, beberapa bisa melakukannya meski melalui proses yang panjang. Namun tidak sedikit pula yang akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidup.

Berikut ini 10 orang terkenal di dunia yang mengalami kebangkrutan, setelah meraih puncak kesuksesan di bidangnya masing-masing yang dilansir dari Oddee.com, Selasa (15/3/2016):



Bagi mereka yang hidup serba kecukupan atau bergelimang harta, bangkrut adalah sebuah ancaman di tengah-tengah kesuksesan.

Banyak sebab mengapa seseorang bisa mengalami kebangkrutan. Bila orang tersebut seorang pengusaha, faktor utama yang perlu diwaspadai adalah utang perusahaan.

Bila orang tersebut seorang musikus atau atlet terkenal, biasanya mereka terbius dengan popularitas hingga dibutakan oleh kemewahan yang melimpah. Sampai akhirnya bisa terjerumus pada penyalahgunaan obat terlarang yang menguras semua harta benda.

Apakah setelah itu mereka bisa bangkit dari keterpurukan? Ya, beberapa bisa melakukannya meski melalui proses yang panjang. Namun tidak sedikit pula yang akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidup.

Berikut ini 10 Orang Kaya dan Terkenal di Dunia yang Pada Akhirnya Menjadi Bangkrut. Setelah meraih puncak kesuksesan di bidangnya masing-masing yang dilansir dari Oddee.com

1. Stanley Burrell atau lebih dikenal dengan MC Hammer
 
Bagi Anda yang suka musik rap, mungkin tak asing lagi dengan nama MC Hammer. Di tahun 90-an, musikus berkulit hitam ini pernah hits dengan single-nya yang berjudul "U Can't Touch This" dan "Don't Hurt Them" dari album Please Hammer yang berhasil terjual hingga 18 juta kopi.

Di puncak popularitasnya, penyanyi ini mendapatkan pendapatan sebesar US $ 30 juta atau sekitar Rp 391,5 miliar per tahunnya.

Namun sang rapper yang memiliki nama asli Stanley Burrell ini tidak menggunakan uangnya dengan bijak. Ia malah hidup berfoya-foya dengan membeli sebuah rumah dengan harga US$ 1 juta atau sekitar Rp 13 miliar dengan 200 pembantu.

Hammer juga menghabiskan US$ 30 juta atau sekitar Rp 391,2 miliar untuk merenovasi rumah barunya di California, Amerika Serikat, dengan lantai marmer, dua kolam renang, pintu gerbang yang dilapisi emas, lapangan baseball dan studio rekaman. Demikan dilansir dari Sickchirpse.com.

Seiring kesuksesannya, Hammer juga mengalami pukulan keras di bidang hukum terkait kasus plagiat yang dilakukannya. Perselisihan yang paling banyak mendapatkan perhatian dari masyarakat adalah saat ia digugat oleh Rick James, seorang musikus dan komposer terkenal di Amerika yang menuntut ganti rugi atas lagu "U Can't Touch This".

Dari kasus ini, Hammer mengeluarkan uang sebesar US $13 juta atau sekitar Rp 169 miliar dari kantongnya.

Selain itu, bisnis yang dijalankan pemilik nama asli Stanley Burrell ini banyak yang gagal dengan utang yang menumpuk. Sampai akhirnya Hammer pun mengalami kebangkrutan pada tahun 1996, sebelum ia memutuskan menjadi pendeta.

2. Eike Batista
 
Eike Batista dijuluki orang terkaya di negaranya Brasil pada 2012. Ia berhasil mengumpulkan kekayaannya dari usaha tambang emas dan perak yang digelutinya.

Usahanya itu bernilai US$ 35 juta atau sekitar Rp 457 miliar yang dibagi dalam enam perusahaan di bidang pertambangan, energi, dan minyak.

Namun semua kekayaannya itu habis karena overspending hingga Eike terlilit utang. Untuk membayar semua utang-utang, aset, di antaranya kapal, pesawat, dan bangunan disita oleh pemerintah.

Setelah kejadian ini, orang yang pernah dijuluki sebagai orang terkaya di Brasil disebut "miliarder negatif" karena memiliki utang lebih dari 1 miliar dolar.

3. David Segel
 
David Segel adalah seorang pengusaha real estate sukses dari Amerika Serikat.

Dengan semua kekayaannya, pada tahun 2008 ia dan istrinya Jackie membangun rumah terbesar dan sangat mewah di Amerika. Di dalamnya dibangun 30 kamar mandi dan tempat skating seluas 90.000 meter persegi.

Namun semuanya itu lenyap begitu krisis moneter melanda Amerika. Pasar saham yang ambruk ditambah keduanya sering melakukan pemborosan membuat keluarga ini kehilangan segalanya.

4. Bjorn Borg
 
Bjorn Borg adalah superstar tenis Swedia pada tahun 1970 yang menduduki peringkat nomor satu pemain dunia setelah memenangkan 11 turnamen Grand Slam.

Namun di usianya yang ke-26, ketika berada di masa jaya, petenis muda ini mengejutkan dunia dengan mengumumkan pengunduran dirinya dari olahraga yang melambungkan namanya.

Di titik itulah jalan hidupnya mulai berubah. Bjorn pernah mengalami dua kali kehidupan berumah tangga, tapi keduanya berakhir pada perceraian.

Ia bahkan pernah menjadi pencandu obat-obatan terlarang dan pernah dirawat di rumah sakit karena overdosis. Tapi semuanya itu membuatnya ia bangkit dari keterpurukan.

Bjorn mulai membersihkan namanya dengan meluncurkan sebuah koleksi pakaian dan sebuah situs kencan.

5. Billy Joel
 
Billy Joel adalah seorang musikus, penyanyi, dan penulis lagu terkenal sepanjang era 70-an. Ia melambung dengan lagunya yang berjudul "Just The Way You Are".

Sepanjang karier bermusiknya, pria kelahiran Bronx, New York, tahun 1964 ini bahkan telah menjual lebih dari 150 juta album dan 23 juta eksemplar album greatest hits.

Seperti dilansir dari Telegraph.co.uk, Billy adalah artis solo ketiga terlaris sepanjang masa di Amerika Serikat. Lebih besar dari Bruce Springsteen, Madonna, dan Michael Jackson.

Di tengah kesuksesaanya sebagai musikus, penyanyi yang menikah dengan seorang supermodel ini menghadapi beberapa masalah keuangan.

Saat ia bercerai dengan istri pertamanya, Billy harus mengeluarkan jutaan dolar, ditambah lagi dengan ulah sang manajer yang menggelapkan sejumlah uang miliknya. Semua ini membuatnya mengalami kebangkrutan, sampai ia pun harus melakukan tur musik untuk menutup kerugiannya.

6. Calvin B Doteys
 
Calvin B Doteys adalah sebuah keluarga kaya dan sangat dihormati pada akhir 1800-an di sebuah kota di Ohio, Steubenville.

Dari pernikahannya, Calvin dikaruniai dua orang anak, yaitu Molly dan Harry. Keduanya adalah anak yang malas. Kerjanya hanya bisa menghambur-hamburkan uang ayahnya.

Selain itu, keduanya suka sekali menarik perhatian orang di sekitarnya dengan berdandan dan bertingkah laku aneh.

Harry misalnya. Ia suka sekali mengenakan kemeja berwarna pink dengan kalung salib melingkar di lehernya dan memakai cincin permata besar di kedua jarinya.

Saat ia menonton sebuah pertunjukan, Harry selalu membeli dua kursi untuk menempatkan topi, sarung tangan, dan jaketnya.

Baik Harry dan Molly juga sangat menyukai berbagai lukisan dan furnitur mewah. Rumah mereka di South Street bakan digantungi lukisan langka dan dipenuhi dengan benda-benda yang tak ternilai harganya.

Ketika semua uang hasil kerja keras ayahnya dihabiskan, kekayaan keluarga Dotey's pun perlahan-lahan sirna. Mereka pun akhirnya jatuh miskin.

Akhirnya mereka pindah ke sebuah permukiman miskin di Jefferson County. Harry sempat bekerja sebagai pemain organ gereja untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, namun itu tak bertahan lama.

Kemiskinan akhirnya membuatnya Molly meninggal, sementara Harry harus menghabisi sisa hidupnya di Massillon Insane Asylum. Padahal ia tidak benar-benar gila.

7. Walt Disney
 
Walter Elias Disney atau lebih dikenal sebagai Walt Disney lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, 5 Desember 1901. Ia adalah seorang produser film, sutradara, animator, dan pengisi suara berkebangsaan Amerika Serikat.

Sebelum ia tenar, Disney pernah memiliki usaha di kampung halamannya di Kansas City, Missouri. Ia menciptakan sebuah film kartun "Lough O Grams" dan menjadi hits saat itu.

Dari sana, para investor pun mulai berdatangan dan menanamkan modal mereka hingga jumlahnya mencapai US$ 15.000 atau sekitar Rp 195 juta. Pada 1922, Disney akhirnya membangun sebuah studio.

Semuanya berjalan baik sampai distributor membuat perusahaannya berhenti beroperasi. Agar berhemat, Disney tidur di kantornya dan makan makanan kaleng isi kacang.

8. Mark Twain
 
Samuel Langhorn Clemens, dikenal sebagai Mark Twain, adalah seorang humoris dan penulis novel The Adventures of Huckleberry Finn.

Selain penulis, Mark juga dikenal sebagai pengusaha. Namun usahanya itu mengalami banyak kerugian.

Kerugian terbesarnya berasal dari Paige Compasitor, yaitu sebuah mesin cetak buatannya.

Mark menghabiskan hampir US$ 8 juta atau sekitar Rp 10 miliar untuk menyempurnakan mesin tersebut. Sayangnya saat diluncurkan mesin tersebut tidak dapat beroperasi dan ia harus membayar semua utang-utangnya. 

 9. Willie Nelson
 
Willie Hugh Nelson atau yang akrab dipanggil Willie Nelson adalah penyanyi dan pencipta lagu musik country Amerika Serikat. Ia sekaligus seorang penulis, penyair, aktor, dan aktivis.

Masalah Willie Nelson dengan IRS atau pihak pajak hampir sama legendarisnya dengan karier bermusiknya. Berkat saran buruk dari perusahaan pajaknya, ia harus membayar tunggakan sebesar US$ 32 juta atau sekitar Rp 417 miliar.

Itu pun masih belum cukup untuk membayar utang-utangnya. Pihak pajak pun lalu datang dan membuat sebuah kesepakatan. Willie pun membuat sebuah album dan akan membagi hasil penjualan albumnya dengan pemerintah.

Album yang berjudul Who'll Buy My Memories hanya laku terjual sebanyak 160.000 eksemplar.

10. Michael Jackson
 Image result for Michael Jackson
Michael Jackson bisa dibilang adalah penyanyi paling terkenal di planet ini. Ia telah menjual lebih dari 100 juta album selama berkarier di dunia musik.

Namun, karena gaya hidup mewahnya dan beberapa kasus hukum membuat penyanyi ini terlilit utang sebesar US$ 500 juta.

Akibatnya kasus utangnya, The King Of Pop ini stres berat. Hingga ia pun mengonsumsi berbagai obat-obatan untuk melupakan semua masalahnya. Sampai akhirnya ia ditemukan telah meninggal yang diduga karena overdosis.
sumber:http://global.liputan6.com/read/2458582/10-miliarder-dunia-yang-hidup-foya-foya-lalu-bangkrut?p=3
 




Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top