Saat ini China merupakan negara dengan populasi miliarder terbesar dunia

Image result for miliarderMeski kondisi perekonomian China tengah mengalami perlambatan, namun jumlah miliarder di negara itu terus bertambah.

Menurut salah satu perusahaan riset mengenai kekayaan di China, Negeri Panda itu saat ini memiliki segudang miliarder.

Berdasarkan laporan Hurun, saat ini China memiliki sekitar 568 miliarder. Angka tersebut melampaui miliarder asal Amerika yang hanya sebanyak 535 miliarder. Dengan demikian, saat ini China merupakan negara dengan populasi miliarder terbesar dunia.


Masih mengutip data Hurun, populasi miliarder China berhasil melampaui AS untuk kali pertama pada Agustus. Sepanjang tahun lalu, jumlahnya bertambah sebanyak 90 orang.

Dilihat secara global, lanjut Hurun, saat ini terdapat 2.188 miliarder. Angka tersebut naik 99 orang dari tahun 2014. Dapat dikatakan, ini merupakan rekor tertinggi baru.

Kendati begitu, menurut Hurun, pertumbuhan jumlah miliarder dunia melambat mengekor pertumbuhan ekonomi global.

Sementara itu, nilai total kekayaan miliarder dunia tumbuh 9 persen menjadi 7,3 triliun dollar AS. Lebih banyak dari nilai kombinasi Produk Domestik Bruto Jerman dan Inggris.

Data riset Hurun juga menunjukkan bahwa untuk kali pertama, Beijing juga berhasil melampaui New York sebagai ibukota miliarder dunia dengan perbandingan 100 dan 95.

"Di luar perlambatan ekonomi dan anjloknya pasar saham, China mencetak lebih banyak miliarder dibanding negara lain di dunia pada tahun lalu," papar Rupert Hoogewerf, chairman and chief researcher Hurun.

Berbeda dengan Forbes

Meski demikian, data yang disajikan Hurun memicu perdebatan. Sebab, data yang mereka rilis berbeda dengan Forbes dan perusahaan riset kekayaan lainnya yang masih menempatkan AS di posisi pertama meninggalkan China.

Berdasarkan laporan Forbes China 2015, misalnya, China hanya memiliki 335 miliarder. Jauh di bawah Amerika yang memiliki 536 miliarder.

Hingga berita ini diturunkan, CNBC belum berhasil meminta komentar Hurun terkait perbedaan data dengan Forbes. Namun, pada tahun lalu, Hurun sempat mengatakan bahwa perhitungan Hurun terkait miliarder China lebih rendah dari data yang ditampilkan.

"Untuk setiap miliarder yang ditemukan Hurun, saya mengestimasi setidaknya ada yang terlewat dua," jelas Rupert.

Rupert menambahkan, sejumlah miliarder merahasiakan status mereka karena mereka mendapatkannya dengan cara ilegal. "Sejumlah miliarder lain memiliki alasan simpel yakni rendah hati," imbuhnya.

Menurut Hurun, sumber utama miliarder China berasal dari real estate sebanyak 117 miliarder, manufaktur sebanyak 94 miliarder, dan teknologi sebanyak 68 miliarder.

Orang paling kaya di China adalah Wang Jianlin, pimpinan Dalian Wanda Group, dengan nilai kekayaan 26 miliar dollar AS. (Barratut Taqiyyah)
sumber:http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/02/25/072752026/Jumlah.Orang.Kaya.di.China.Lebih.Banyak.dari.di.AS?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Ktkwp

 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top